Langsung ke konten utama

Tumbuhkan Budi Pekerti Anak ala Anies Baswedan

 Oleh : Feliciany H T
 
Secara umum budi pekerti berarti moral dan kelakuan yang baik dalam menjalani kehidupan. Budi Pekerti adalah induk dari segala etika ,tatakrama, tata susila, perilaku baik dalam pergaulan, pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Budi Pekerti perlu ditanamkan pada anak sejak kecil. Maka dari itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan membagikan cara untuk menumbuhkan budi pekerti pada anak, khususnya lingkungan sekolah.




Anies mengatakan, budi pekerti tak boleh hanya dijadikan pengetahuan. Ketika budi pekerti tumbuh sebagai kebiasaan, karakter dan budaya bakal mengikuti dengan sendirinya.

"Setelah itu akan menjadi kebiasaan pada siswa yang kemudian terbentuk karakter dan selanjutnya menjadi budaya terutama budaya di sekolah. Untuk menjadi budaya perlu melewati beberapa proses tersebut," ujar Anies.

Bentuk kegiatannya antara lain pemberlakukan kewajiban upacara bendera setiap hari Senin. Mendikbud bahkan mengancam akan mencopot jabatan kepala sekolah apabila sekolah tersebut tidak melaksanakan upacara bendera setiap senin.

Selain itu, Anies mencontohkannya dengan budaya hidup bersih. Menurut Anies, hal pertama yang perlu dilakukan ialah mengajarkan siswa tentang cara hidup bersih dan bahaya hidup kotor. Siswa dibiasakan membersihkan dan membuang sampah di tempatnya. Siswa perlu dapat teguran bila membuang sampah sembarangan.

"Jika hal ini sudah menjadi sebuah kebiasaan siswa maka akan tumbuh karakter siswa yang menyukai kebersihan dan tidak nyaman ketika melihat sampah bukan pada tempatnya serta berujung menjadi budaya bersih pada siswa," tandas Anies.

Kegiatan lainnya adalah semua pelajar di Indonesia diwajibkan menyanyikan lagu nasional sebelum memulai kegiatan belajar- mengajar. Juga pembiasaan hidup bersih dan pembiasaan membaca buku selama 15 menit sebelum dimulai pelajaran. Program ini diperuntukkan bagi seluruh tingkatan sekolah, dimulai sejak masa orientasi peserta didik hingga kelulusan.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Dikutip ulang oleh : Yusep Ridwan, S.Pd.I
sumber : www.kesekolah.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nutrisari: Lomba Menggambar dan Mewarnai

01 Oktober 2013 Selamat malam semua...! Sekitar tiga hari yang lalu MI Kebonrandu kedatangan seorang sales dari produk minuman terkenal Nutrisari . Kedatangannya dengan maksud menawarkan sebuah program yang diusung oleh Nutrisari dalam rangka promosi melalui beberapa sekolah khususnya tingkat Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar, yaitu dengan mengadakan lomba menggambar dan mewarnai antar Sekolah Dasar se-wilayah Kabupaten. Nah, jadi siswa-siswi MI Kebonrandu nantinya akan bersaing dengan sekolah-sekolah lain yang berada di wilayah kabupaten Sukabumi, gitu!. Lomba mewarnai dikhususkan bagi siswa-siswi kelas 1 s/d 3, sedangkan lomba menggambar bagi kelas 4 s/d 6. Yang lebih menarik lagi lomba menggambar dan mewarnai ini tidak dikerjakan di sekolah, tapi dibawa ke rumah masing-masing, jadi pihak Nutrisari nantinya akan membagikan kertas bergambar untuk mewarnai bagi kelas 1 s/d 3 dan kertas kosong untuk menggambar bagi kelas 4 s/d 6, udah itu bawa pulang ke rumah masing-masing u

Pengumuman Pemenang Lomba Menggambar dan Mewarnai Nutrisari Goes To School 2014

Akhirnya... yang ditunggu-tunggu datang juga. inilah dia, pengumuman pemenang lomba menggambar dan mewarnai yang diadakan oleh Nutrisari dalam rangka Nutrisari goes to school 2014 periode september 2013-Januari 2014 tingkat SD/MI se-Kabupaten Sukabumi. Pemenangnya adalah : Kategori Kelas 1 - 3 Peserta terbaik I : Andina C. Mayda (SDN I Bojong) Peserta terbaik II : Zyra (MIN Sampora) Peserta terbaik III : Amelia KH (SDN I Karang Tengah) Peserta terbaik IV : Sarah Zarifah (SDIT Al-Ummah) Peserta terbaik V : M. Fauzan (SDIT Bani Shaleh) Peserta terbaik VI : Lulu Zahirah (SDIT At-Takwin) Kategori Kelas 4 - 6 Peserta terbaik I : Yolanda Putri (SDN I Cikembar) Peserta terbaik II : Zahra Amelia (SD Model) Peserta terbaik III : Alamanda N.P. (MIN Sampora) Peserta terbaik IV : Nadia P. (SD Model) Peserta terbaik V : Eri A. (SDN I Sukamanah) Peserta terbaik VI : Khotimah Rosdiana (MI Hidayatul Athfal) Bagi yang namanya tercantum dalam daftar pemenang di atas kami ucapka

Libur Semester 1

Assalamu 'alaikum.... Apa kabar semuanya??? baik-baik aja kan? Rasanya baru kemarin kita masuk sekolah di awal tahun pelajaran 2013-2014, eh ternyata sekarang kita udah nyampe di ujung semester 1. Bagi wali murid yang belum tahu kami informasikan kembali bahwa pembagian raport akan dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 21 Desember 2013 , di sekolah. Untuk pengambilannya sebaiknya orang tua datang ke sekolah, namun hal ini tidak mengikat... artinya tidak dengan orang tua pun tidak apa-apa, karena dikhawatirkan akan merepotkan atau menyulitkan anak mengambil raport. Oke, sekarang saatnya informasi tentang libur semester 1 (Nah ini dia yang ditunggu-tunggu...hehe) Libur semester 1 mulai tanggal 23 Desember 2013 sampai dengan tanggal 4 Januari 2014 . Masuk kembali ke sekolah tanggal 6 Januari 2014.   Jadi.... kita liburnya satu tahun, yaitu dari tahun 2013 masuk kembali tahun 2014 hehe... Bagi anak-anak yang mau berkunjung ke rumah saudaranya di luar kota atau sekeda